0

Cara Mengganti Filter Oli Motor Yamaha Vixion

Senin, 22 Desember 2014 | Author: Unknown | Label: , ,

Mengganti filter oli perlu dilakukan secara berkala. Fungsi filter oli atau saringan oli tersebut tentunya untuk menyaring kotoran yang ada di oli sebelum dialirkan menuju komponen-komponen mesin. Jika usia pakai filter oli sudah lama biasanya akan terjadi penyumbatan oleh kotoran-kotoran yang tersaring pada filter oli tersebut. Jika terjadi penyumbatan tentunya akan mengganggu sirkulasi oli didalam mesin, oleh karena itu filter oli perlu diganti jika usianya sudah uzur.
Cara Mengganti Filter Oli Motor Yamaha Vixion
Filter Oli Motor

Filter oli yang telah mengalami penjumbatan menyebabkan debit oli yang mengalir akan berkurang. Jika hal ini dibiarkan tentu proses pelumasan tidak maksimal yang mengakibatkan komponen yang saling bergesekan seperti noken as dan rocker arm cepat aus. Oli dari bak oli akan dipompa dan sebelum disirkulasikan ke head cylinder akan melewati filter oli agar kotoran tidak ikut terbawa. Sebenarnya ika kondisi filter oli belum terlau parah bisa dibersihkan. Untuk filter oli tipe kasa biasanya terletak di bagian bawah mesin seperti moto bebek, cara membersihkanya bisa disemprot dengan udara bertekanan. Untuk filter oli tipe kertas seperti pada Yamaha vixion maka perlu diganti maksimal setiap 9.000 km. Pada filter oli tipe kertas kotoran sangat mudah menempel, dan jika sudah tersumbat maka akan menyebabkan pelumasan tidak maksimal. Oleh karena itu bagi anda pemilik motor vixion harus memperhatikan penggantian filter oli ini. Caranya cukup mudah berikut kami sampaikan cara mengganti filter oli Yamaha vixion.

Cara Mengganti Filter Oli Vixion

  1. Persiapkan filter oli baru Yamaha vixion seharga Rp 35.000,- atau kalau mau lebih awet bisa menggunakan filter oli milik Yamaha Byson namun memang harganya lebih mahal.
  2. Dengan menggunakan kunci 10 lepas 3 buah baut pengikat tutup filter oli pada bak mesin sebelah kanan. Dekat lubang pengisian oli)
  3. Setelah itu lepas tutup filter oli dan angkat filter olinya.
  4. Pasang filter oli baru dan pasang kembali bautnya.
  5. Selesai.

Gimana sangat mudah bukan cara mengganti filter oli Yamaha Vixion ini. Setelah diganti filter oli baru, kini sistem pelumasan bisa bekerja maksimal lagi.


0

Ada Suara Nembak Pada Knalpot Mio Soul? Begini Cara Mengatasinya

| Author: Unknown | Label: , ,

Suara Nembak di Knalpot Mio Soul sering menjadi keluhan para pemilik matic tersebut. Sebenarnya suara nembak tersebut tidaklah berbahaya, hanya saja jika tidak segera diatas suaranya mengganggu.Sama seperti suara nembak di vixion,  suara ledakan tersebut juga berasal dari sistem AIS atau air induction system. Sistem AIS ini berfungsi untuk menekan emisi gas buang dengan cara menambahkan udara ke saluran gas buang. Pembakaran yang tidak sempurna didalam engine akan mengeluarkan gas hydrocarbon (bahan bakar yang belum sempat terbakar). Hydrocarbon ini jika jumlahnya terlalu tinggi tentu akan mengganggu keseharan manusia. Nah dengan ditambahkanya udara melalui sistem AIS ini diharapkan hydrocarbon bisa terbakar melalui panas di saluaran buang.

Lalu kenapa bisa menimbulkan suara nembak di knalpot Mio Soul tersebut? Saat akselerasi dan deselerasi maka akan timbul suara dar, der, dor. Biasanya hal ini terjadi pada Mio Soul yang sudah memiliki usia pakai lebih dari 3 tahun. Penyebabnya dikarenakan sistem AIS tersebut kotor, cara mengatasinya ya tentu dibersihkan. Cara membersihkan AIS Mio ini enggak susah kok, anda bisa melakukanya sendiri dirumah. 

Cara Mengatasi Suara Ledakan Di Knalpot Mio Soul

  1. Buka body samping kiri terlebih dahulu, agar pengerjaanya lebih mudah. Letak AIS ini dekat dengan karburator. Dengan menggunakan obeng (+) lepas 2 buah baut pengikat AIS.
  2. Di AIS tersebut terdapat 3 buah selang, lepas semuanya baik yang menuju mesin, intake, dan filter udara.
  3. Lepas 4 buah baut pada AIS menggunakan obeng (+)
  4. Setelah terlepas maka akan nampak lempengan besi bernama reed valve bersama stoppernya. Lepas lempengan tersebut dengan melepas baut pengikat menggunakan obeng kembang yang lebih kecil.
  5. Nah biasanya jika usia pakai kendaraan sudah lama, akan menumpuk kotoran disini.Gunakan sikat gigi dan sedikit bensin untuk membersihkanya.
  6. Kalau sudah tinggal pasang lagi sistem AIS seperti semula.
Dengan membersihkan sistem AIS sesuai langkah diatas maka suara ledakan pada knalpot Mio Soul sudah hilang. Cukup mudahkan ? Kini anda bisa berkendara lebih nyaman karena tidak terdengar lagi suara ledakan.


0

Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak Atau Mati

| Author: Unknown | Label: , ,

Cara memperbaiki starter motor- Salah satu komponen pada sepeda motor yang juga memiliki peran cukup vital adalah motor starter. Jika sepeda motor anda dilengkapi dengan kick starter, apabila motor starter mati mungkin tidak menjadi suatu masalah berarti. Karena anda masih bisa menyalakan sepeda motor dengan cara "di slah" atau menggunakan kick starter. Namun beberapa sepeda motor saat ini ada yang tidak dilengkapi dengan kick starter. Lalu apa jadinya jika starter motor mati? jalan satu-satunya adalah dengan cara didorong. Hal ini tentu akan sangat merepotkan.
Cara memperbaiki starter motor

Untuk memperbaiki starter motor, tentu anda harus mengetahui gejala awal dari kerusakan pada starter  motor tersebut. Periksalah gejala awal matinya starter motor seperti suaranya yang kasar, atau bahkan tidak ada suara sama sekali ketika tombol starter di tekan. Apabila saat tombol starter ditekan namun motor starter tidak berputar alias hanya diam maka besar kemungkinan disebabkan oleh aki motor yang lemah. Kerusakan starter motor bisa terjadi pada empat komponen yakni aki atau baterai, rangkaian, relay starter, dan motor starter itu sendiri. Untuk cara pemeriksaanya simak ulasanya berikut ini

Cara Pemeriksaan dan Cara Memperbaiki Starter Motor


  1. Aki atau Baterai
    Baterai merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah sepeda motor, karena komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor salah satunya untuk sistem starter. Jika saat tombol starter ditekan namun motor starter atau dinamo starter diam alias tidak mau berputar maka pertama kali yang harus dicek adalah sumbernya yakni baterai. Gunakan multimeter atau avo meter dan periksa tegangan baterai. Tegangan baterai yang baik adalah tidak kurang dari 12 volt. Jika kurang maka ada dua kemungkinan yakni sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterai sudah rusak.
  2. Rangkaian Starter
    Jika ternyata tegangan baterai masih bagus maka langkah selanjutnya adalah periksa rangkaianya. Periksa rangkaian starter mulai dari kabel yang putus, socket-socket atau pada tombol starter yang kotor. Caranya dengan menggunakan multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir atau tidak. Jika ada kabel yang putus sebaiknya diganti yang baru atau jika terpaksa anda bisa menyambungnya kembali, jika tombol starter kotor bersihkan dengan amplas halus.
  3. Relay Starter atau Bendik
    Komponen yang satu ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari baterai menuju motor starter. Cara mengeceknya, sambung dua  kabel (biasanya ada socketnya) ke baterai (+ dan -), jika terdengar suara "cetak" berarti masih bagus. Jika tidak kemungkinan besar bendik sudah mati dan cara memperbaikinya adalah dengan dilem biru alias lempar ganti yang baru.
  4. Motor Starter (dinamo)
    Kerusakan pada motor starter memang jarang terjadi. Periksa dengan menggunakan multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan dengan kabel yang menuju motor starter dan probe (-) dihubungkan dengan massa. Tekan tombol starter dan periksa apakah ada arus listrik yang mengalir atau tidak. Jika ada, maka bisa dipastikan motor starter mati. Kerusakan pada motor starter ini ada dua kemungkinan yakni sikat (brush) sudah aus atau kumparan putus. Jika hanya brushnya saja yang sudah aus, anda bisa menggantinya dengan yang baru, namun jika ternyata kumparan (spull) putus sebaiknya dibawa ke tukang servis dinamo. 
Demikianlah tadi cara memperbaiki starter motor yang bisa anda lakukan dirumah. Nah agar starter motor awet sebaiknya lakukan perawatan starter motor secara rutin.


0

Tips Berkendara Motor Jarak Jauh Agar Aman dan Selamat

| Author: Unknown | Label: , ,

Tips Berkendara Motor Jarak Jauh - Angka kecelakaan lalu lintas saat arus mudik maupun arus balik pada tahun-tahun sebelumnya sangat banyak. Namun nyatanya hal tersebut tidak membuat para pengendara sepeda motor jera. Demi berkumpul dengan keluarga besar saat lebaran, mereka memilih untuk mudik menggunakan motor meski harus bertaruh dengan nyawa. Kecelakaan sepeda motor sebenarnya tidak hanya kerap terjadi saat arus mudik/ balik saja. Saat perjalanan jauh seperti touring juga sering terjadi kecelakaan. 

Penyebab terjadinya kecelakaan sepeda motor pada umumnya disebabkan tidak mampunya pengendara dalam menguasai kendaraanya. Mengendarai motor memiliki dampak kecelakaan lebih besar dibanding mengendarai mobil. Bahkan kematian akibat kecelakaan lalu lintas lebih banyak dialami oleh pengendara motor roda dua. Hal ini dikarenakan kecelakaan motor akan berdampak langsung pada si pengendara. Berbeda dengan mobil karena terlindungi oleh body mobil itu sendiri, apalagi adanya fitur-fitur keselamatan seperti air bag. Ketika anda memilih untuk menggunakan motor untuk mudik pada tahun ini, tentu anda harus meningkatkan konsentrasi anda saat dalam perjalanan dan jangan lengah sedikitpun. Berikut kami sajikantips berkendara motor jarak jauh agar tetap aman dan selamat sampai tujuan.
  1. Sebelum memulai perjalanan lakukan terlebih dahulu manajemen perjalanan. Tentukan rute yang ingin anda lalui, kalau bisa cari yang tidak padat kendaraan.
  2. Pastikan sepeda motor yang ingin anda gunakan benar-benar fit. Cek semua bagian kendaraan seperti lampu, klakson, ban, kondisi mesin, rantai dan yang tak kalah pentingnya adalah rem.
  3. Pakailah pakaian berkendara yang safety seperti helm full face, body protector bagian lutut dan siku, sepatu, dan jaket.
  4. Ini yang sering dilakukan oleh pengendara, membawa barang berlebih. Agar tetap aman bawalah barang bawaan yang sesuai dengan daya angkut motor. 
  5. Lakukan manajemen waktu. Agar badan tetap fit selama perjalanan, sebaiknya istirahat setiap 4 jam sekali. Beristirahalah kurang lebih selama 30 menit. Setelah badan sudah tidak pegal-pegal dan kembali fit anda bisa melanjutkan perajalanan anda.

Demikianlah tips yang bisa saya sampaikan saat berkendara motor jarak jauh agar tetap aman selama perjalanan serta selamat sampai tujuan. Namun kalau boleh menyarankan sih saat akan mudik lebih baik menggunakan angkutan umum seperti bus atau kereta karena tentu akan lebih aman. Hal akan menurunkan tingkat kecelakaan saat arus mudik/ balik yang begitu tinggi.


0

Cara mengganti minyak erem dengan mudah

| Author: Unknown | Label: , ,

Cara Mengganti Minyak Rem Sepeda Motor - Mungkin kalian pernah mengalami rem depan tidak begitu pakem, padahal kampas rem masih tebal. Hal tersebut disebabakan oleh kondisi minyak rem entah itu memang volumenya sudah berkurang atau tercampur dengan udara. Minyak rem dalam sistem rem cakram berfungsi sebagai media untuk menyalurkan tenaga dari tuas rem ke kaliper rem untuk mendorong kampas rem. Apabila volumenya kurang tentu saja dampaknya kinerja rem tidak optimal. Akan tetapi terkadang meski volume minyak masih banyak tetap saja rem tidak pakem. Nah masalah seperti itu biasanya disebabkan oleh adanya udara palsu yang berada di dalam sistem.

Sifat udara yang kompresibel membuat gaya dari tuas rem tidak diteruskan secara optimal sehingga kampas rem tidak mencengkram secara baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut caranya adalah dengan melakukan bleeding atau mengeluarkan udara dari sistem rem. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
  1. Siapkan selang transparan dan pasang pada baut nepel di kaliper.
  2. Tekan tuas rem secara berulang-ulang dan tahan
  3. Kendorkan baut nepel maka minyak rem bersama udara akan keluar.
  4. Kencangkan kembali baut nepel.
  5. Lakukan langkah diatas sampai udara habis.
Cara diatas dilakukan ketika rem anda tidak pakem akan tetapi kampas rem masih tebal. Kembali ke topik yakni mengganti minyak rem pada sepeda motor. Sebenarnya minyak rem bisa bertahan dalam waktu yang lama, sehingga anda tidak perlu melakukan penggantian dalam waktu yang cepat layaknya oli. Penggantian minyak rem sebaiknya dilakukan setiap 20.000 Km. Hanya saja anda perlu mengecek volumenya. Volume minyak rem yang baik adalah berada diantara garis lower dan upper pada master rem. Jika ternyata volume minyak rem dibawah garis lower sebaiknya di isi dengan cara sebagai berikut.

Cara Mengganti Minyak Rem Sepeda Motor
  1. Buka kedua buah baut pada master rem.
  2. Pasang selang pada baut nepel lalu kendorkan
  3. Biarkan minyak rem mengalir lalu kencangkan kembali bautnya
  4. Tuangkan minyak rem baru pada master rem.
  5. Lakukan proses bleeding seperti yang saya jelaskan diatas.
  6. Pastikan volume minyak rem berada dantara garis lower dan upper
  7. Pasang kembali tutup master dan pasang kedua buah bautnya.

Demikianlah tadi cara mengganti minyak rem sepeda motor. Yang harus diperhatikan, berhati-hatilah saat menuangkan minyak rem jangan sampai mengenai cat motor. Karena jika sampai mengenai cat maka akan merusak cat.


0

Kelebihan Pertamax Dibanding Premium Dan Efeknya Pada Sepeda Motor

| Author: Unknown | Label: ,

Kelebihan Pertamax Dibanding Premium Dan Efeknya Pada Sepeda Motor - Setelah harga BBM bersubsidi naik pada bulan November ini, banyak para pengguana sepeda motor yang beralih untuk menggunakan Pertamax. Meski lebih mahal, namun karena selisihnya hanya sedikit sudah bisa mendapatkan bahan bakar yang memiliki kualitas lebih bagus. Harga pertamax saat ini adalah Rp 10.800,- sedangkan premium Rp 8500,-. Itu artinya selisih keduanya hanya Rp 2.300,- saja. Apalagi pada bulan November nanti harga Pertamax turun dibawah Rp 10. 000,-. Hal ini akan berdampak semakin banyak para pengguna motor yang menggunakan Pertamax. Lantas bagaimana efek pertamax jika digunakan untuk sepeda motor?
Kelebihan Pertamax Dibanding Premium Dan Efeknya Pada Sepeda Motor


Kelebihan Pertamax Di Banding Premium
Pertamax adalah bahan bakar andalan dari Pertamina yang pertama kali diluncurkan tahun 1999 lalu untuk menggantikan Premix 98. Dengan harga yang dibanderol lebih tinggi dibanding premium, tentu saja Pertamax memiliki beberapa kelebihan. Sebelum anda beralih untuk menggunakan Pertamax mungkin sebaiknya ketahui dulu beberapa kelebihan pertamax berikut ini:
  1. Pertamax adalah bahan bakar tanpa timbal yang didalamnya mengandung zat aditif generasi 5 yang bersifat detergensy. Jadi andai kata didalam bahan bakar terdapat kotoran maka akan dibersihkan dengan zat aditif tersebut. Dengan demikian beberapa komponen seperti injektor dan ruang bakar akan lebih terjaga kebersihanya. Zat ini tidak ada pada bahan bakar bersubsidi atau premium.
  2. Perbedaan pertamax dan premium salah satunya adalah pada nilai oktan. Pertamax memiliki RON (researc oktan number) 92 sedangkan Premium hanya 88. Nilai oktan sendiri merupakan nilai yang menunjukan ketahan bahan bakar terhadap tekanan kompresi. Semakin tinggi nilai oktan maka juga semakin tahan terhadap tekanan kompresi. Dengan demikian sepeda motor yang memiliki kompresi tinggi sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar pertamax. Jika dipaksakan untuk menggunakan premium maka ada kemungkinan menyebabkan knocking atau ngelitik. Knocking ini sagat berpotensi untuk merusak komponen mesin.
  3. Pada motor dengan kompresi tinggi, maka dengan menggunakan bahan bakar pertamax bisa menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna yang berujung pada emisi yang rendah. Dengan demikian Pertamax juga bisa dikatakan lebih ramah lingkungan.
Apa Akibat Mengoplos Pertamax dan premium ?
Mungkin diantara anda pernah mengoplos pertamax dan premium. Jika tujuan anda untuk meningkatkan nilai oktan hal tersebut sah-sah saja dilakukan dan tidak merusak mesin. Mencampur antara pertamax dan premium akan berdampak secara linear terhadap nilai oktan. Misalnya jika anda mengoplos dengan perbandingan 1:1 maka nilai oktan yang didapatkan adalah 90 yakni dari pertamax 92 dan premium 88. Akan tetapi pertamax mengandung zat pembersih sementara premium tidak. Dengan demikian zat aditif pada pertamax tidak berfungsi secara optimal, lantara komposisinya telah berubah.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan Pertamax dibanding premium diatas, apakah anda tertarik untuk beralih menggunakanya? Secara garis besar efek memakai pertamax pada sepeda motor berdampak bagus terutama yang memiliki kompresi tinggi. Pembakaran didalam silinder lebih sempurna dan beberapa komponen mesin lebih terjaga kebersihanya. Jika anda berniat untuk mengoplos pertamax dan premiun sah-sah saja dilakukan, hanya saja zat aditif pada pertamax tidak lagi berfungsi optimal.


0

Cara Membuat Lampu Hazard (Lampu Sein Nyala Semua) Di Motor

| Author: Unknown | Label: ,

Siapa yang belum kenal dengan lampu hazard? Itu lho lampu sein yang menyala bersamaan di mobil. Untuk menghidupkan lampu hazard tinggal memencet tombol segitiga merah yang ada di dashboard. Fungsi dari lampu hazard tidak lain adalah untuk memberi tanda bahwa kendaraan dalam keadaaan darurat seperti mogok, sedang mengganti ban, kecelakaan dll. Pada sepeda motor memang tidak disediakan penggunaan lampu hazard. Meski demikian acap kali para rider memodifikasi motornya agar lampu seinya bisa menyala layaknya lampu hazard di mobil. Bagaimana caranya? Berikut kami berikan cara membuat lampu hazard di motor.
lampu hazard di motor
lampu hazard di motor

Cara membuat lampu hazard di motor sebenarnya cukup simple, anda tinggal menghubungkan antara lampu sein kiri dan lampu sein kanan. Hanya saja flasher pada sepeda motor tidak kuat untuk mengedipkan keempat lampu sein. Flasher merupakan komponen pada rangkaian lampu sein yang berfungsi untuk mengedipkan lampu. Solusinya untuk membuat lampu hazard di motor harus mengganti flasher tersebut dengan flasher yang digunakan di mobil. Tenang saja gak usah khawatir aki tekor atau akan merusak komponen lain, dampaknya mungkin hanya lampu akan berkedip lebih cepat ketika hanya menghidupkan dua buah lampu sein. Letak flasher di sepeda motor berbeda-beda namun pada umumnya pada motor bebek di sebelah kanan dekat dengan aki. Jika masih bingung silahkan hidupkan lampu sein dan flasher akan berbunyi “tiktok tiktok”. Berikut langkah-langkah dalam membuat lampu hazard di sepeda motor.
flasher mobil
flasher mobil
  1. Siapkan alat dan bahanya yakni flasher mobil, kabel, saklar, solasi dan obeng.
  2. Bongkar body samping dan cari letak flasher. Jika sudah ketemu silahkan ganti dengan flasher mobil. Pada flasher mobil ada 3 kaki, dua kaki bisa langsung disambungkan dengan socket sedangkan satu kaki lainya silahkan disambung menggunakan kabel dengan body motor.
  3. Apabila pemasangan sudah benar, silahkan nyalakan lampu sein dan lampu sein akan hidup seperti sedia kala. Hanya saja kedipanya lebih cepat.
  4. Nah untuk membuat lampu hazard atau keempat lampu sein menyala bersamaan, silahkan bongkar batok lampu. Cari kabel positif kedua lampu sein (kanan dan kiri)
  5. Kalau sudah ketemu sambungkan keduanya. Agar lampu sein tetap bisa digunakan seperti sedia kala gunakan saklar untuk menyambungnya.
  6. Sekarang lampu hazard di sepeda motor anda sudah jadi. Posisikan saklar pada posisi on dan hidupkan lampu sein, maka keempat lampu sein akan hidup bersamaan. Untuk menonaktifkan lampu hazard tinggal geser saklar ke posisi “off” maka lampu sein akan menyala seperti sedia kala.
Demikianlah cara membuat lampu hazard di motor. Cukup mudah bukan? Jika anda ingin mengaplikasikanya pada sepeda motor anda, maka gunakanlah dengan bijak agar tidak membingungkan pengendara lain.